Sabtu, 05 Mei 2012

memberikan kesimpulan, tanggapan, dan saran terhadap PARTAI POLITIK


MEMBERI KESIMPULAN DAN TANGGAPAN PADA BERITA PARTAI POLITIK
Diajukan Guna Memenuhi Tugas Pendidikan Kewarga Negaraan
Kelas IPA 1 Semester II
Tahun Ajaran 2011 – 2012
   
        
                           
                                                                                                



Oleh :
 Andhika Puspita Siwi
06
 XI-IA 1
SMA NEGERI 10 SEMARANG
2012






Kelompok Muslim Libya Dirikan Partai Politik Baru





18 Apr 2012
Sumber Metro Tv

Partai-partai Islam dan sekuler akan bersaing dalam pemilihan bulan Juni untuk memperebutkan kursi di majelis nasional yang akan menyusun konstitusi baru bagi negara di Afrika utara itu.
Para pengamat politik mengatakan, Ikhwanul Muslimin Libya mungkin akan muncul sebagai kekuatan politik yang paling terorganisir dan menjadi pemenang pemilu, seperti di Tunisia, Mesir, dan Maroko.
Lamine Belhadj, yang mengepalai komite pendirian partai baru, kepada Reuters dalam sebuah konferensi pers mengatakan, pihaknya akan mempertemukan berbagai kalangan Islamis.
Belhadj, seorang pejabat senior di Dewan Transisi Nasional (NTC) dan anggota komisi pemilu, mengatakan, partai baru  itu belum diberi nama. Para pemimpinnya belum dipilih karena tengah dirundingkan bersama.
Munculnya partai-partai Islam menimbulkan kekhawatiran di kalangan sekuler di negara-negara Arab. Mereka khawatir pemerintah baru akan menerapkan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan agama ke masyarakat atau mengusahakan agar konstitusi pasca pergolakan sesuai dengan hukum Islam, Syariah.



 Kesimpulan:
Partai Politik Islam di Libya menimbulkan kekhawatiran di kalangan sekuler Negara Arab. Karena mereka khawatir pemerintah akan menerapkan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan agama ke masyarakat.

Tanggapan Terhadap Isi Berita:
Mengapa harus didirikan partai politik berasaskan Islam? Lebih baik mencari partai yang tidak bernafaskan keagamaan. Karena agama adalah hak individu. Masing-masing individu mempunyai pendapat yang berbeda-beda, jika partai ini dilaksanakan dengan sistem pemerintah yang sama dengan ajaran islam, maka dikhawatirkan akan terjadinya konflik dan perpecahan antar agama khususnya agama Islam.

Saran:
Saran saya terhadap berita tersebut yaitu tidak perlu berpolitik dengan mengatasnamakan agama, karena sangat rawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar